Cara Agar Speaker Bluetooth Tidak Lagi Menggunakan Baterai, Begini Caranya

Cara Agar Speaker Bluetooth Tidak Lagi Menggunakan Baterai – Langkah cara agar speaker bluetooth tidak lagi menggunakan baterai perlu diketahui karena belakangan ini banyak kasus di mana speaker-speaker mengalami masalah pada baterainya. Seperti yang diketahui bahwa sebagian besar atau bahkan hampir seluruh perangkat elektronik akan rusak jika terlalu sering digunakan. Perangkat elektronik yang mudah rusak tersebut termasuk dengan speaker bluetooth.

Speaker bluetooth memang sering mengalami kerusakan pada bagian baterai atau tempatnya tersebut. Tapi, sebagai pemiliknya tentu tidak perlu khawatir karena bisa diatasi dengan beberapa cara sehingga bisa mengeluarkan suara. Dengan begitu, pemiliknya tidak perlu ganti atau membeli baru. Berikut adalah cara-cara yang digunakan agar speaker bluetooth tidak menggunakan baterai lagi:

Cara Agar Speaker Bluetooth Tidak Lagi Menggunakan Baterai, Begini Caranya

1. Bongkar Speakernya

Hal paling pertama yang perlu dilakukan penggunanya adalah melakukan pembongkaran body speakernya terlebih dahulu. Kegiatan pembongkaran ini tentu membutuhkan peralatan seperti obeng, dan lain-lainnya untuk membantu. Dengan begitu, penggunanya akan lebih mudah untuk melihat ke bagian dalam speaker bluetoothnya tersebut.

Pembongkaran body tersebut sebenarnya dilakukan untuk melihat arus listrik yang digunakan pada speaker bluetooth tersebut. Dengan begitu, penggunanya bisa menyesuaikan arus listrik untuk menyalakan speakernya tersebut agar tidak terlalu banyak atau sedikit. Selain itu, dengan mengetahui jumlah arus listriknya, ini bisa menghindari dari korsleting listrik.

2. Pisahkan Baterai, Speaker, dan Konektor charge

Untuk melakukan langkah ini, penggunanya tentu perlu mengetahui mana kabel yang menghubungkan baterai, speaker, dan konektor charge. Pastikan penggunanya benar-benar mengetahui sebelum membongkar bodi dan komponen-komponen di dalamnya. Jika ada yang salah, speaker mungkin akan mati total.

Baca juga : Cara Membuka Situs Yang Diblokir Pemerintah

Ada baiknya untuk mempelajari komponen speaker dan kabel di internet atau buku terlebih dahulu. Atau jika penggunanya masih merasa kebingungan, bisa gunakan bantuan dari seorang ahli atau tukang servis yang sudah biasa menangani hal tersebut. Dengan begitu, pembongkaran dan pemisahan komponen tentu akan menjadi lebih aman.

3. Sambungkan Kabel USB

Ini merupakan kunci dari cara agar speaker bluetooth tidak lagi menggunakan baterai. Penggunanya bisa menggunakan berbagai jenis kabel data atau usb sesuai dengan yang dimiliki. Sebelum menggunakannya, pastikan kabel tersebut masih berfungsi dengan baik agar bisa menyala dan digunakan.

Untuk memasangnya, penggunanya perlu mengetahui kabel mana yang positif dan negatif. Tapi, karena ini di Indonesia kabel positif biasanya berada di sebelah kanan dan negatif pada bagian kirinya. Masukkan kabel usb ke dalam konektor charger yang telah dipisahkan.

4. Solder Kabel Ke Loudspeaker

Setelah dimasukkan ke dalam konektor charger, ada baiknya untuk melakukan kegiatan solder agar kabelnya semakin kuat. Selain itu, fungsi dari kegiatan ini adalah agar kabel-kabelnya rapi atau tidak berantakan dan akhirnya menjadi sulit diatur.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot

Meskipun sudah di solder, penggunanya bisa menambahkan perekat lainnya seperti lem tembak atau lilin. Sebenarnya, lebih disarankan untuk menggunakan lem lilin, karena tidak membuat penggunanya tersetrum dan tingkat kelengketannya cukup tinggi dibandingkan dengan lemnya yang tembak.

5. Cek Ulang Speaker

Setelah melakukan semua langkah seperti pembongkaran hingga ke tahap solder, ada baiknya untuk mencoba terlebih dahulu speakernya. Ini dilakukan sebelum penggunanya menutup atau memasang kembali bodi dan komponen-komponen yang telah dibongkar.

Dengan memeriksa atau mencobanya terlebih dahulu, penggunanya bisa melihat apakah speakernya berjalan dan bekerja semestinya atau tidak. Jika masih belum bekerja maksimal atau tidak bisa digunakan, untuk membetulkannya juga muda.

Menggunakan speaker bluetooth memang terkesan keren, tapi juga cukup sulit apabila terjadi masalah dalam tempat baterainya. Maka dari itu, speaker listrik merupakan jawaban atau solusi terbaik dari penggunaannya. Dengan mengetahui cara agar speaker bluetooth tidak lagi menggunakan baterai membuat penggunanya bisa mudah untuk memodifikasinya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.