Begini Cara Agar WiFi Tidak Terlihat dan Mudah Diretas Orang Lain, Ternyata Mudah!

Cara Agar WiFi Tidak Terlihat – Mempunyai jaringan WiFi merupakan hal yang lumrah saat ini, apalagi di masa pandemi yang mengharuskan pekerja dan pelajar untuk bekerja atau belajar dari rumah. Namun seringkali WiFi dibobol oleh orang yang tak bertanggung jawab. Menyembunyikan WiFi merupakan cara yang ampuh untuk menghindari hal tersebut. Kira-kira, bagaimanakah cara agar WiFi tidak terlihat orang lain? Berikut ulasannya!

Cara Menyembunyikan WiFi Melalui Pengaturan Modem

Dalam penggunaannya, WiFi tentu memerlukan modem untuk menyambung ke jaringan. Cara agar WiFi tidak terlihat oleh orang lain dapat dilakukan dengan mengubah pengaturan default yang dimiliki modem tersebut. Berikut adalah cara yang perlu dilakukan untuk mengubah modem agar WiFi tidak terlihat orang lain:

1. Hubungkan Jaringan WiFi ke Perangkat

Cara agar WiFi tidak terlihat oleh orang lain yang pertama adalah menghubungkan jaringan WiFi ke perangkat yang digunakan. Setelah terhubung, pemilik bisa langsung mengatur WiFi yang dimiliki agar tidak terlihat oleh siapapun. Membuat WiFi tidak terlihat dapat dilakukan baik di PC, Laptop, atau Handphone.

Baca juga : Aplikasi Pengubah Foto Menjadi Kartun

2. Masuk ke Dalam Pengaturan Modem

Setelah menghubungkan, pengguna harus masuk ke pengaturan modem. Pertama-tama, masukkan IP address default modem yang digunakan ke dalam browser. Setelah itu, pengguna akan diminta memasukkan user dan password default dari modem yang digunakan. Biasanya user yang digunakan menggunakan “admin” dan password pun sama yaitu “admin”.

3. Mengatur SSID

Setelah berhasil masuk ke pengaturan, pengguna perlu mengatur SSID agar WiFi menjadi tidak terlihat. Pengguna pilih interface setup kemudian klik menu wireless. Selanjutnya akan muncul kolom-kolom pengaturan, dan cari kotak SSID. Lalu hilangkan tanda centang, dan klik apply. Maka otomatis wifi tidak akan terlihat oleh orang lain.

Untuk mengeceknya, pengguna bisa melakukan pemindaian terhadap wifi yang ada di sekitar. Jika sudah tidak menemukan nama WiFi yang dimiliki, berarti langkah tersebut telah berhasil. Apabila pengguna ingin menyambungkannya ke perangkat pribadi, bisa menghubungkan secara manual dengan memasukkan nama WiFi dan password-nya.

Baca juga : Aplikasi Mempercantik Video Call

Cara Lain untuk Melindungi Jaringan WiFi

Selain dengan menyembunyikan SSID WiFi, terdapat cara lain yang bisa dilakukan pemilik untuk melindungi WiFi agar tidak mudah diretas atau dibobol. Berikut adalah cara lainnya yang bisa dicoba dilakukan:

  • Mengganti kredensial admin default WiFi yang dimiliki. Mengganti nama admin menjadi salah satu cara lain untuk mengamankan WiFi dari tangan jahil orang lain. Hal ini dikarenakan nama pengguna dan kata sandi yang digunakan admin semua model modem sangat mudah untuk dicari. Maka dari itu perlu melakukan penggantian agar tidak mudah diketahui orang lain.
  • Menggunakan enkripsi WPA2 dan AES. Penggunaan enkripsi ini dilakukan karena dapat membuat perangkat orang lain tidak mudah untuk menangkap sinyal yang dipancarkan. WPA2 dan AES membuat jaringan hanya bisa digunakan oleh pemilik. Hal tersebut tentu akan menyulitkan seseorang untuk meretas WiFi yang dimilikinya.
  • Mematikan fitur WPS dan UPnP. Fitur ini merupakan fitur yang memiliki keamanan besar. Dengan aktifnya fitur WPS dan UPnP dapat menghindari fitur keamanan lain seperti firewall. Kemampuan ini membuat pemilik WiFi tidak bisa menambahkan keamanan ekstra. Maka dari itu, fitur WPS dan UPnP perlu dimatikan agar keamanan lain bisa diaktifkan.

Itulah cara agar WiFi tidak terlihat serta mudah diretas oleh orang lain. Sangat mudah, bukan? Pengamanan atas WiFi yang dimiliki begitu penting karena apabila diretas tentu merugikan pemilik. Kecepatan jaringan WiFi bisa menurun bahkan data diri pemilik bisa bocor. Maka dari itu, segera lindungi WiFi yang dimiliki agar terhindar dari tangan nakal peretas.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *