Cara Membersihkan Kerak Sel Aki, Mudah Dipraktikkan Sendiri

Cara Membersihkan Kerak Sel Aki – Aki alias accumulator adalah sebuah komponen yang menyumbang banyak fungsi bagi kendaraan. Benda ini sering kali ditempeli banyak kotoran yang terdiri dari kerak putih sehingga harus terus dibersihkan. Cara membersihkan kerak sel aki tidak rumit, tenang saja, jadi bisa langsung dipraktekkan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel.

Pengertian Kerak Sel Aki

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara membersihkan kerak sel aki, alangkah lebih baik jika pengertiannya dipahami dahulu. Kerak sel aki adalah kotoran yang sering ditemukan apa aki jenis basah. Kotoran ini berbentuk kerak berwarna putih yang dihasilkan dari oksidasi air aki dimana terkandung asam sulfat jenis H2SO4.

Asam jenis ini merupakan asam elektrolit kuat yang dapat menyimpan dan menghantarkan muatan listrik. Pemakaian listrik yang terus menerus ini membuat aki menjadi panas, panas itu menguap sehingga terbentuklah kerak ini. Kerak sel putih ini seringkali ditemukan di kepala terminal aki.

Penyebab dan Cara Membersihkan Kerak Sel Aki

Seperti yang sudah dijelaskan, cara membersihkan kerak sel aki cukup mudah. Sediakan beberapa alat seperti air panas, sikat gigi, kunci pas nomor sepuluh, grease atau gemuk, serta kain kering. Setelah menyiapkan itu semua, silahkan simak langkah langkahnya berikut:

Baca juga : Perbedaan Oli Transmisi Dan Oli Gardan

1. Lepaskan Kutub Positif dan Kutub Negatif Aki

Langkah pertama adalah melepaskan kedua hal itu. Lakukan secara ekstra hati hati saat mengeluarkan aki. Sebelumnya, carilah referensi tentang efek mengeluarkan aki dari mobil dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan membersihkan kerak membutuhkan waktu yang lama. Setelah yakin dan aman, lanjutkan.

2. Tuangkan Air Panas Aki

Penuangan bisa dilakukan pada wadah positif dan negatif aki yang sudah dilepas tadi. Jangan sampai tumpah apalagi tercampur. Hati hati saat melakukannya karena jika terkena tangan, kulit dapat melepuh, membutuhkan waktu berhari-hari untuk sembuh.

3. Gosok Aki

Selanjutnya adalah menggosok badan aki. Gosok secara perlahan dan menyeluruh, jangan sampai ada yang terlewatkan. Apabila mulai membersihkan bagian kerak, gosoklah sesuai kebutuhan. Keraskan gosokan jika perlu, namun tetap jangan terlalu keras untuk menghindari kerusakan aki.

4. Bilas Wadah Aki

Setelah menggosok dan melepaskan kerak yang menempel, jangan lupa untuk membilas kotorannya. Lakukan sampai benar benar bersih. Jangan ada kerak yang masih tertinggal. Keringkan dengan lap bersih yang sudah disiapkan tadi. Usap secara merata, lakukan sampai titik titik air menghilang.

Baca juga : Oli Yang Bagus Untuk Nmax

5. Oleskan Gemuk

Langkah ini termasuk langkah pencegahan yang cukup penting. Gemuk digunakan untuk mencegah kembali tumbuhnya jamur dan kerak pada aki. Oleskan gemuk secara merata di aki, terutama di tempat tumbuh kerak tadi. Setelah gemuk mengering, pasangkan kembali aki ke mobil dengan benar.

Menguapnya kandungan asam sulfat H2SO4 tentu dipicu oleh suatu hal. Ada dua penyebab utama mengapa asam sulfat bisa menguap. Penyebab pertama adalah overheat yang dialami oleh aki karena proses charge yang terlalu lama. Seperti penjelasan di atas, panas ini menguap pesat dan membentuk jamur.

Penyebab kedua adalah air aki yang over level. Air aki yang over level bukanlah hal yang bagus. Hal itu malah membuat aki cepat panas dan menumbuhkan jamur di bagian bagian tubuh aki. Sebisa mungkin kedua hal tersebut dicegah agar tidak terjadi penumbuhan jamur lagi.

Setelah melakukan runtutan cara membersihkan kerak sel aki, bukan berarti aki akan menjadi tetap bersih selamanya. Lakukan perawatan rutin agar aki tetap awet terawat. Rajin panaskan kendaraan sebelum digunakan, dan kontrol sistem pengisian aki adalah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk merawat aki.

5/5 - (2 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.