Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot Agar Jadi Auto Ngebut

Cara mengatasi laptop yang lemot sangat dibutuhkan banyak orang, terutama bagi pengguna perangkat versi lama. Performa kian menurun, proses loading lambat serta saat membuka aplikasi sangat lama tentu menjadi masalah yang mengganggu pemakainya. Terlebih bagi pengguna yang bekerja mengandalkan laptop, tentunya membuat aktivitas terganggu hingga butuh waktu lama menyelesaikan pekerjaan.

Akan tetapi jika mengalami hal tersebut, maka tidak perlu terburu-buru membeli laptop baru karena ada banyak cara mengatasinya. Penurunan kinerja laptop pun merupakan hal wajar, pengguna bisa meminta bantuan orang yang mengerti komputer. Selainnya pengguna juga bisa memperbaiki laptop menggunakan cara yang direkomendasikan, apa saja langkahnya? Yuk disimak dari zencreator.id!

Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot Agar Jadi Auto Ngebut

1. Menghapus Semua Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Sebagai pengguna laptop seringkali menginstall terlalu banyak aplikasi hingga tak sadar jika penyimpanan yang dipakai sudah melebihi batas kapasitas. Hal tersebut tentunya membuat perangkat jadi lama membaca harddisk sehingga berpengaruh pada turunnya performa laptop.

Maka, cobalah untuk menyeleksi seluruh aplikasi pada laptop dan pilih mana saja yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan sehingga bisa di hapus. Dengan menghapus sejumlah aplikasi yang terinstall pada laptop maka akan membantu menurunkan kapasitas memori sehingga kinerja akan kembali normal.

2. Gunakan Aplikasi yang Sesuai dengan Spek Laptop

Saat membeli laptop tentu sebelumnya pengguna telah mengetahui tentang tingkat spesifikasi perangkat yang dimiliki tersebut. Dengan spesifikasi tersebut, pengguna dapat menyesuaikan aplikasi-aplikasi apa saja yang ingin diinstall ke dalam laptop. Jadi pengguna tidak bisa memaksa suatu aplikasi yang berat ke dalam laptop dengan spesifikasi rendah karena akan membuat perangkat lemot.

Baca juga : Cara Menonaktifkan Antivirus di Laptop Windows 10

Cobalah untuk memilih aplikasi yang memiliki spek sedikit lebih rendah agar tidak merusak perangkat laptop pengguna. Dengan penyesuaian aplikasi-aplikasi tersebut, maka pengguna bisa mengatasi penurunan performa laptop sehingga perangkat dapat terawat baik.

3. Gunakan Antivirus Pada Perangkat Laptop

Cara mengatasi laptop yang lemot juga bisa pengguna lakukan dengan memasang Antivirus untuk mencegah serangan malware. Sama seperti manusia, laptop pun bisa terserang sejumlah penyakit yang nantinya akan mengakibatkan performa perangkat kian menurun.

Nah untuk menghindari serangan penyakit maka diperlukan Antivirus yang bisa dengan cepat menghilangkan berbagai macam virus di dalam laptop pengguna. Jangan lupa untuk sering-sering mengecek dan mengupdate Antivirus supaya jenis virus yang masuk dapat dengan mudah terbaca.

4. Menambah Kapasitas RAM Pada Laptop

Apabila pengguna mempunyai laptop dengan kapasitas RAM cukup rendah maka bisa coba meningkatkan ruang misalnya jadi 8 GB, tapi tentunya butuh biaya tak sedikit ya. Untuk menambah kapasitas RAM menjadi 8 GB, pengguna perlu merogol biaya kisaran 400 sampai 600 ribu-an.

Baca juga : Cara Agar WiFi Tidak Terlihat

Akan tetapi, sebelum menambah kapasitas RAM tentu pengguna juga harus memperhatikan beberapa pertimbangan terlebih dulu. Tidak bisa asal-asalan menambah ruang, perlu perhatikan juga spek dari RAM serta kapasitas maksimal nya yang dapat diimplementasikan ke laptop.

5. Cobalah Untuk Mereset Ulang Windows

Laptop utamanya keluaran lama tentu sering mengalami kerusakan pada windows sehingga membuat performa jadi tidak optimal. Jika semakin lama dibiarkan maka kerusakan akan terus meningkat makin parah sehingga sangat disarankan untuk segera mereset software windows.

Pengguna juga bisa mengganti software windows dengan OS lain misalnya Linux yang banyak digunakan masa kini. Meskipun Windows memang jauh lebih baik dalam hal menunjang banyak fitur-fitur bawaan, namun semakin lama penggunaannya justru bisa membuat performa laptop menurun, jadi lemot.

Nah demikian lima cara mudah yang bisa pembaca terapkan saat laptop mengalami penurunan performa sehingga jadi tak optimal. Cara mengatasi laptop yang lemot di atas sudah dipastikan ampuh dan aman untuk diterapkan pada tiap perangkat laptop. Buat yang bermasalah dengan laptop asus nya tidak bisa dimatikan, berikut cara mematikan laptop asus yang bisa kamu baca.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *