5 Cara Merawat Rambut Ikal Pria Paling Mudah

Cara Merawat Rambut Ikal Pria – Memiliki rambut yang ikal tentu membutuhkan perawatan yang lebih mendetail dibandingkan jenis rambut lainnya. Alasannya, seringkali permasalahan yang terjadi pada pria yang memiliki rambut ikal adalah kusut, cenderung lebih kering dan susah diatur. Maka dari itu, pemilik rambut perlu mengerti bagaimana cara merawat rambut ikal pria agar nantinya tetap sehat dan terawat.

Jika penasaran apa saja cara yang bisa dilakukan, maka simak urain mengenai perawatan khusus rambut ikal satu ini, yaitu antara lain:

5 Cara Merawat Rambut Ikal Pria Paling Mudah

1. Cuci Rambut dengan Benar

Cara merawat rambut ikal pria yang cukup mudah adalah dengan keramas. Mencuci rambut dengan benar ini tentu saja akan membuat rambut ikal menjadi lebih mudah diatur. Namun keramas pastinya tidak terlepas dari penggunaan shampo, sehingga pastikan untuk menggunakan jenis shampo alami dan non-sulfate.

Hindari keramas setiap hari atau terlalu sering, pasalnya hal ini akan menyebabkan hilangnya minyak alami yang ada di kulit kepala. Lebih baik lakukan keramas hanya 2 hingga 3 kali seminggu.  Selain menghindari kering, dengan itu juga dapat membuat rambut tidak terlihat kusut.

2. Gunakan Kondisioner

Selanjutnya, pemilik rambut ikal juga bisa mengandalkan kondisioner untuk membuat rambut tetap sehat dan lembap. Hindarilah kondisioner yang mengandung bahan berbasis silicon atau biasanya yang berakhiran “one” agar tidak membuat rambut menjadi keras.

Baca juga : Cara Merawat Tas Agar Tidak Berjamur

Gunakanlah kondisioner yang mengandung kelapa, karena akan lebih lembap dan halus. Namun, penggunaan kondisioner juga harus diperhatikan. Jika memiliki riwayat penyakit dermatitis, sebaiknya konsultasikan hal itu kepada dokter. Perlu diingat, kondisioner ini hanya untuk melembapkan bukan untuk membersihkan.

3. Keringkan dengan Handuk Halus

Cara merawat rambut ikal pria juga perlu diperhatikan pada saat pengeringan rambut. Meskipun terdengar sepele, tetapi mengeringkan rambut juga memiliki dampak pada rambut. Seusai keramas, usahakan memakai handuk kain yang halus seperti handuk berbahan katun. Bisa juga menggunakan handuk microfiber agar air berkurang lebih cepat tanpa merusak rambut. Hindari memeras terlalu kencang karena dapat merusak rambut.

Pada saat rambut selesai dicuci, tentu membuat rambut memiliki tekstur yang lebih rentan patah. Maka dari itu, harus pelan-pelan dan lebih baik cukup tepuk-tepuk saja. Hal itu juga akan menghindari rambut yang terlalu mengembang. Bahkan ada beberapa orang menyarankan untuk mengeringkan rambut menggunakan kaus dari bahan ringan supaya tidak menyebabkan kusut.

4. Sisir Rambut dengan Sisir Bergigi Jarang

Merapikan atau menyisir rambut tentu cukup penting dilakukan. Nah, untuk rambut ikal sendiri pakailah sisir dengan bergigi jarang.  Penggunaan sisir tersebut bukan tanpa alasan, melainkan bisa membuat rambut jadi lebih mudah disisir. Tekstur pada rambut ikal biasanya akan mudah rontok, jadi hindarilah sisir yang rapat karena akan mempersulitnya.

Baca juga : Padu Padan Gamis Hitam dengan Jilbab

Apalagi ketika rambut ikal sedang dalam kondisi kusut, pasti menyisirnya akan membutuhkan waktu lama.  Mulailah menyisir dari akar dan naik perlahan. Secara bersamaan, bisa sembari dirapikan dengan tangan untuk lebih rapi dan mengatasi kusut.

5. Gunakan Gel Krim dan Hindari Styling Tools

Terakhir, cara merawat rambut ikal pria adalah dengan menggunakan gel krim. Apabila rambut terasa kasar, bisa gunakan gel krim untuk melembapkan dan menghaluskannya. Bisa juga ditambah dengan memakai serum anti kusut setelah selesai keramas. Gunakan secara merata pada rambut untuk memperoleh hasil maksimal.

Selain itu, hindarilah alat-alat styling rambut. Biasanya styling rambut memiliki panas yang tinggi dan dapat merusak rambut serta menghilangkan kelembutannya. Beberapa diantaranya seperti hairdryer atau catokan yang akan membuat rambut menjadi lebih kusut dan tidak terlihat indah.

Nah, itulah tadi beberapa cara merawat rambut ikal pria dengan mudah. Perawatan di atas tentu saja dapat dilakukan secara mandiri tanpa harus ke salon. Apabila rambut ikal terawat dengan baik, maka pasti akan menambah kepercayaan diri pada pemiliknya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.