Cara Merawat Tas Agar Tidak Berjamur Dengan Benar

Cara Merawat Tas Agar Tidak Berjamur – Merawat barang adalah hal yang penting dilakukan untuk menjaganya agar tetap awet. Seperti halnya dengan tas, tentunya perlu dilakukan perawatan pula. Salah satunya adalah dengan menghindarkannya dari jamur yang menempel. Oleh karena itu, penting diketahui bagaimana cara merawat tas agar tidak berjamur dengan benar supaya tetap awet selama bertahun-tahun.

Namun meskipun terlihat mudah, cara perawatan tas agar terhindar dari jamur ini ternyata membutuhkan kesabaran dan ketelatenan pemilik. Berikut ini beberapa cara merawatnya yang harus diperhatikan, yaitu:

Cara Merawat Tas Agar Tidak Berjamur Dengan Benar

1. Gunakan Penyerap Kelembapan

Cara merawat tas agar tidak berjamur bisa menggunakan penyerap kelembapan. Hal ini tentu sangat efektif dilakukan agar terhindar dari munculnya jamur. Mengingat jamur bisa datang kapan saja dan di barang apa saja ketika barang tersebut lembap, maka penyerap kelembapan sangat diperlukan untuk mencegahnya. Usahakan pula untuk menempatkannya di ruangan dengan suhu normal.

2. Keringkan Tas Apabila Terkena Air

Apabila tas terkena air hujan, tumpahan atau cipratan air minum, maka pengguna harus langsung mengeringkannya. Jika dibiarkan maka bisa menimbulkan jamur yang merusak kulit tas. Cara ini bisa dimulai dengan mengelapnya menggunakan kain lembut dan mengikuti serat yang digunakan. Namun perlu diingat, hindarilah mengelap dengan tisu pada tas agar tidak menimbulkan residu dan membuatnya menjadi kotor.

Baca juga : Padu Padan Gamis Hitam dengan Jilbab

3. Berikan Lotion Anti Jamur

Rajin membersihkan saja tidak cukup membuat tas terhindar dari jamur. Oleh karena itu, perlu adanya lotion anti jamur yang diberikan secara rutin. Penggunaan lotion tersebut biasanya diberikan ketika tas telah dibersihkan. Aplikasikan lotion anti jamur dan simpan pada suhu normal. Bila perlu tambahkan silica gel yang dapat menyerap kelembapan ruang. Benda tersebut bisa digunakan dalam 2 sampai 4 minggu.

4. Hindarkan dari Sinar Matahari

Selanjutnya, cara merawat tas agar tidak berjamur adalah dengan menjaganya dari paparan sinar matahari langsung. Walaupun jamur datang ketika adanya kelembapan, namun bukan berarti tas juga baik terpapar sinar matahari. Justru dengan terpapar sinar matahari langsung, malah membuat tas cepat rusak dan kehilangan estetiknya. Bahkan hal terburuk adalah menyebabkan warna mudah luntur dan bisa merusak bagian luarnya.

5. Berikan Sirkulasi Udara yang Baik

Selain itu, pemberian sirkulasi udara yang baik juga perlu diperhatikan. Pasalnya, dengan sirkulasi yang baik, maka kondisi tas tidak akan mudah lembap. Jadi, hal ini akan menghindarkan tas dari tumbuhnya jamur. Bagi yang memiliki banyak tas, pemiliknya harus selalu mengecek dan memastikan tidak adanya jamur. Lakukan pengecekan setidaknya 2 atau 4 minggu sekali.

Baca juga : Fashion Pantai Hijabers

6. Gunakan Baking Powder

Supaya terhindar dari jamur, pemilik tas juga bisa memanfaatkan baking powder untuk mencegahnya. Hal ini, bisa diaplikasikan ke tas yang mungkin jarang dipakai. Caranya cukup mudah, pertama siapkan mangkuk yang telah berisi baking powder. Lalu pasangkan dust bag atau sarung bantal pada tas. Kemudian, letakkan mangkuk tersebut ke dalam tas tersebut selama 24 jam.

7. Perhatikan Isi dan Penyimpanan Tas

Cara merawat tas agar tidak berjamur satu ini memang sangat mudah namun kadang terlupakan. Padahal isi tas yang tidak seharusnya dapat memicu jamur untuk tumbuh. Misalnya saja seperti penggunaan plastik, benda yang mengandung minyak dan lainnya yang dibiarkan begitu saja. Selain itu, hindari menyimpan tas dengan cara menumpuknya agar tidak menjadi lembab atau membuat jamur muncul.

Itulah tadi beberapa cara merawat tas agar tidak berjamur yang mudah dilakukan. Pastikan selalu melakukan pengecekan secara rutin pada tas yang jarang digunakan supaya jamur tidak tumbuh. Selain itu, perhatikan pula tempat penyimpanan dan peletakannya. Ketika dirawat dengan baik, maka dijamin tas akan selalu terjaga keawetannya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.