5 Tanda Aki Mobil Soak, Harus Segera Diganti

Tanda Aki Mobil Soak – Aki adalah salah satu bagian vital dari mobil. Fungsi dari komponen aki adalah untuk mengantarkan daya listrik ke seluruh bagian mobil untuk menyala. Aki harus diperhatikan kondisinya yang apabila rusak harus segera diganti. Tanda aki mobil soak harus diperhatikan sebelum mobil mati dan tidak bisa digunakan.

Kerusakan pada aki disebut soak. Aki soak dapat terjadi akibat usia dan pemakaian aki. Pemakaian aki mobil rata-rata adalah 2 tahun. Berikut adalah  tanda aki mobil soak ini harus diperhatikan sebelum bepergian :

5 Tanda Aki Mobil Soak, Harus Segera Diganti

1. Mesin Mobil Tidak Bisa Dinyalakan

Starter mobil biasanya tanda aki mobil soak paling utama. Aki mobil yang perlu diganti biasanya tidak dapat mengaliri listrik secara sempurna. Akibat dari kurangnya daya listrik ini mobil tidak bisa dinyalakan atau starter. Suara mesin mobil biasanya akan cenderung apabila aki dalam keadaan bagus.

Mesin mobil awalnya harus dilakukan stater beberapa kali sebelum berhasil dinyalakan. Suara mesin mobil akan terdengar lemah. Kejadian ini akan terus berlanjut hingga mesin tidak akan bisa dinyalakan sama sekali. Aki soak akan membuat mesin tidak mampu menjalankan mekaniknya sama sekali tidak bisa dinyalakan.

2. Lampu pada Mobil Mulai Meredup

Lampu utama mobil atau head lamp menggunakan daya listrik paling banyak selain mesin untuk menyala. Headlamp yang menandakan aki mobil soak adalah ketika cahaya lampu mulai meredup. Lampu lain yang ada dalam mobil juga akan mulai meredup dan tidak menyala.

Lampu indikator pintu dibuka dan lampu dim juga akan mulai meredup. Sedangkan lampu yang akan menyala biasanya lampu mesin di beberapa mobil biasanya akan mulai memberi tanda apabila aki mulai soak.

3. Klakson Tidak Berbunyi

Alasan klakson tidak berbunyi memiliki beberapa alasan. Klakson tidak berbunyi bisa diakibatkan adanya komponen klakson yang rusak atau tidak terpasang dengan baik. Namun aki yang soak bisa menjadi alasan utama klakson tidak berbunyi nyari.

Aki menghantarkan daya listrik yang membuat klakson mobil dapat berbunyi nyaring. Bunyikan klakson terlebih dahulu bisa dilakukan sebelum bepergian untuk memastikan aki mobil dalam keadaan baik dan tidak soak.

4. Kualitas Audio dan Radio Menurun

Audio dan radio merupakan tanda yang cukup samar namun penting diperhatikan. Sekilas audio akan terdengar samar dengan kualitas audio yang rendah. Pengaruh daya listrik yang membuat audio player berfungsi adalah aki.

Tegangan daya listrik aki ini akan membuat radio suaranya mengecil dan suara gemerisik. Radio membutuhkan energi yang berasal dari aki untuk mencari dan menangkap sinyal radio. Daya listrik yang tidak maksimal dapat membuat radio tidak dapat menangkap sinyal dengan baik.

5. Tegangan Aki Berkurang

Tanda fisik yang sudah mulai terlihat dari mesin, klakson, lampu, dan audio merupakan menjadi tanda tegangang aki berkurang yang menyebabkan aki soak. Mobil sebaiknya jangan digunakan untuk berpergian langsung setelah tanda-tanda tersebut terlihat. Segera periksa tegangan aki.

Gunakan load tester atau cranking untuk memeriksa aki mobil. Tanda aki mobil soak dilihat dari load tester memiliki tegangan daya listrik di bawah 10 Volt. Tegangan dapat berlangsung berkurang ketika aki semakin soak.

Tanda aki mobil soak tidak terlalu signifikan untuk beberapa tanda. Namun semua tanda itu sangat vital dan berpotensi mengganggu perjalanan dan menyebabkan kecelakaan. Tanda memperlihatkan penurunan kualitas aki terutama karena usia pemakaian sehingga harus diganti. Tanda yang sudah muncul lebih baik mobil segera dibawa ke bengkel sebelum melakukan perjalanan.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.